Setelah bertaun-taun lamanya, baru kesini lagi.
Ternyata baru ngeh, 'isi' nya seru abis!
"Oh detail durinya landak begitu ya" gumamku. Meski terkesan remeh-temeh, saya emang bener-bener baru lihat langsung wujud landak secara detail, ya kalau di kebun bintang kan landakna gerak-gerak terus jauh jadi cuma liat bentukan ala kadarnya.
But the important is, I get some information. And I think, this museum is awesome.
Jadi semakin bangga sama Indonesia, jenis hewannya banyak banget.
Udah segede gini, tapi berasa belajar sains lagi kayak anak SD yang lagi study tour.
Seru kalau anak sekolah bisa rajin-rajin ke tempat kayak gini, jadi belajarnya nggak semata dari buku tapi bisa liat langsung wujud hewannya atau wujud tanamannya. Lebih eksploratif, memancing keingin tahuan anak-anak. Lumayan juga anak sekolah yang dateng kesini pas liburan sama orang tuanya.
Tapi sayang, museum entah kenapa identik dengan nuansa membosankan. Tempatnya agak gelap dan lembab. Mungkin karena gedung lama juga Ditambah karena museum zoology, aura hewan yang dikerasin punya suasana serem sendiri terutama bagi anak-anak. Secara layout buat nata display hewannya udah bagus walaupun kurang informatif deskripsi ttg hewannya. Kurang menarik di tata ruang, interaksi ke pengunjung. Ada satu yang menarik! Goa-goa-an artistik yang dijadiin tempat selpi-selpi-an jadi selingan yang ditawarkan selain liat display hewan.
Sebagai salah satu Ikon kota Bogor tepat di tahun ini, Kebun Raya Bogor berusia 2 abad sejak tahun 1817. Gregetan juga, udah 2 abad coy, harusnya bisa lebih bagus lagi.
Mungkin kalau ada desainer-desainer yang tergerak branding tempat ini lebih kece lagi dan LIPI mau kerja sama merekrut desainer. Gonna be awesome Indonesian local heritage destination.

Komentar
Posting Komentar